DALIL PEMILIHAN ANGKA 7 DALAM ALQURAN

Alas an mengapa Allah Swt memilih angkat 7 (tujuh)

Angka ini memiliki banyak sekali petunjuk di alam, Alquran dan hadis Nabi Muhammad Saw. Bahkan pengulangan angka ini di dalam Alquran memunculkan sebuah system yang kohern. Pembahasan ini akan memberikan bukti atas semua itu. Tidak ada satupun buku di dunia ini yang mengulang-ulangan angkat tujuh dengan system yang menyerupai Alquran. Jika hal ini memberikan suatu petunjuk, maka akan memberikan petunjuk kepada  kepada posisi penting dari angkat ini. Angka tujuh adalah angka yang bersaksi atas keesaan Allah Swt.

Ketikan kita menemukan bahwa system alam didasarkan atas angka tujuh, kita juga mengungkap bahwa angka tujuh diulang secara sistematis dalam kitab yang telah diturunkan empat belas abad yang lalu.

Persamaan ini menunjukan bahwa pencipta alam adalah juga yang menurunkan Alquran Dialah Allah Swt.

Angka tujuah di alam

Ketika Allah Swt mulai menciptakan ala mini, Allah memilih angkat tujuh untuk dijadikan jumlah tingkatan langit dan bumi. Allah Swt berfirman sebagai berikut:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الأرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الأمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا

Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. perintah Allah Berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. QS Al-Thalaq[65]:12

Bahkan, atom yang dianggap sebagai satuan dasar pembentuk alam tersusun dari tujuh tingkatan electron dan tidak mungkin lebih dari itu. Begitu juga jumlah hari dalam satu minggu yang berjumlah tujuh, jumlah tanda music yang tujuh, dan jumlah warna-warna pelangi yang juga tujuh. Kita juga tidak boleh melupakan bahwa para ahli tanah, baru-baru ini mengungkapkan bahwa bola dunia terdiri dari tujuh tingkatan.

Subhanallah, wa MasyaAllah, betapa AlQuran ini, benar-benar memiliki mu’jizat yang tidak habis-habisnya. Benarlah firman Allah Ta’ala sebagaimana tercantum dalam surah Al Kahfi ayat 109. :”Katakanlah (Wahai Muhammad), seandainya lautan menjadi tinta(untuk menulis), kalimat Tuhanku, maka habislah lautan itu sebelum selesai(penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu juga”.

I’jaz A(AlQuran, dari sisi bahasa, sastra, maupun hukum syari’atnya, serta ayat kauniyyah, ataupun tanziliyyahnya, termasuk dalam I’jaz hitungan(Al Jabar, istilah moderennya, Matematikanya). Tanasuk, tanasub, keindahan, kesesuaian kalimat perkalimat, awal dengan akhir dan seterusnya, dan seterusnya…ila malaanihayaah(sampai tiada batasnya).

Kita mencoba hanya satu bahasan saja dulu. Angka 7 dalam AlQuran.

Secara undang-undang AlQuran dan UU alam, kita lihat, bahwa angka 7 ini memiliki keutamaan tersendiri.

Kita lihat UU alam, langit dan bumi memiliki 7 lapisan.(Lihat Q.S Athalaq 12, Al Mulk 3)

Kita disuruh haji dengan 7x thawaf, 7 x Sa’i, dan melempar jumrah, untuk mengusir syetan dengan 7x lemparan.

Coba sama-sama kita lihat, bagaimana hakikat dari keutamaan dari angka 7 ini dalam AlQuran.

  1. Angka 7 adalah angka yang pertama sekali disebutkan didalam AlQuran, yaitu didalam Q.S AlBaqarah 29= Tsummastawaa ilassamaai fasawwa hunna SAB’A samawaatin, wahuwa bikulla syain ‘aliim.
  2. Angka 7 adalah angka yang paling banyak diulang dalam AlQuran setelah angka 1 (ahad) tentunya., ini menunjukkan betapa pentingnya angka ini.
  3. Awal surah dalam AlQuran adalah surah Al Fatihah, dia adalah semulia-mulia surah dalam AlQuran, itu sebabnya surah Al Fatihah dinamakan dengan sab’ul matsaani(silahkan dilihat kembali penafsiran surah ini), sementara jumlah ayatnya ada 7 ayat.
  4. Jumlah bilangan huruf abjad dalam bahasa Arab yang diturunkan oleh Allah ta’ala dalam AlQuran ada 28 huruf. Jumlah 28 ini adalah perkalian dari angka 7, yakni 7×4=28.
  5. Jumlah dari pintu neraka ada 7 pintu, subhanallah, kalimat jahannam dalam AlQuran jumlahnya ada 77 x, dan jumlah 77 ini adalah perkalian dari 7, yakni 7×11=77.

Kita lihat rincian dari kelima hakikat diatas:

1) Angka 7 adalah angka yang disebutkan pertama sekali didalam AlQuran. (Silahkan dilihat Q.S AlBaqarah 29 dan lihat terakhir sekali disebutkan pada surah Annaba 12), lihatlah tanasuq sungguh luar biasa, bahwa jumlah bilangan surah dari Albaqarah-Annaba ada 77 surah. Kita tahu sebelumnya angka 77 ini adalah perkalian yang habis dibagi 7.

Sungguh keajaiban luar biasa juga, bahwa jumlah bilangan ayat dari ayat pertama sampai akhir ayat berjumlah 5649 ayat, dan ini juga perkalian 7, yakni 7×807, atau 5649:7.

2) Awal dan akhir surah.

Surah pertama adalah surah AlFatihah, kita tulis dengan angka 1.

Adapun nomor terakhir dari surah dalam AlQuran adalah surah Annaas, yakni surah ke 114.

Sekarang coba kita lihat dan gabungkan kedua angka tersebut menjadi 1141, adalah hasil dari perkalian angka 7 yakni 1141=7×163. Didalam kamus Allah Ta’ala, tidak ada yang dinamakan sudfah=kebetulan, semua yang dialam ini telah diciptakan oleh Allah Ta’ala penuh perhitungan dan ketelitian, yang luar biasa, tidak ada satu makhlukpun yang dapat menandingi ilmuNya Allah Ta’ala tersebut, dalam sisi apapun.

Ahli Matematika, ingin berbangga degan ilmunya, cobalah buat ketelitian dan kehebatan sebagaimana hitungan yang dibuat oleh Allah tersebut(ini baru satu yang kita lihat dari sisi Math, gimana dengan ilmu lainnya?).

Cobalah kita lihat, ilmu sastra/balaghah, sungguh, tak ada satu makhlukpun, yang bisa menandingi kesastraan AlQuran. Coba deh baca surah Annaas saja. Diakhiri ayatnya dengan huruf “S”(Qul ‘audzubirabbinnaaS, MalikinnaaS…ila akhirihi). Lihat lagi surah-surah yang lain, sungguh luar biasa, enak dibaca, mudah dihafalkan dan indah nian lagunya.

Sungguh, demi Allah Ta’ala saya benar-benar merasakan keindahan bahasa AlQuran itu, Itu sebabnya, tiada lagu dan tiada surat cinta yang paling senang saya membacanya, mendengarkannya, memperhatikannya dan terus menerus meneliti dan mencari keistimewaan kandungannya, selain surat cinta dari Allah ta’ala yakni AlQuran.

Bagaimana dengan hakikat keutamaan lainnya? InsyaAllah akan kita sambung

About tmuslimsolusi

Hamba Tuhan

Posted on June 29, 2011, in Mukjizat Alquran. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: