YESUS SALAMAT DARI PROSES HUKUMAN SALIB

Oleh : Abu Jihan
I. Pendahuluan,
Beberapa Fatwa Ulama Besar

Berkenaan topik penyaliban Isa a.s., memang berkembang beberapa pemahaman.1. Kristiani beranggapan bahwa Yesus wajib wafat ditiang salib, hidup kembali, dannaik ke langit (karena inilah inti dari ajaran penebusan dosa).2. Yahudi juga berkeinginan untuk membunuh Yesus (Isa a.s.) karena dia adalahhamba yg terkutuk.3. Muslim (sebagian besar) beranggapan bahwa Isa a.s. dihindarkan dari hukumansalib dan orang lainlah yg dikorbankan, dan kemudian Isa a.s. naik kelangit dengan jasmaniyah nya (untuk hal naik ke langit sepemahaman dengan keyakinan umatkristiani).Semoga saya diberi karunia oleh Allah SWT untuk bisa membuat rangkaian tulisan yg panjang ini dengan berdasarkan dalil-dalil yg dapat dipertanggung jawabkan,amin.Kali kesempatan pertama ini, sebagai rasa hormat saya kepada Institusi Al Azhar,maka ijinkan saya untuk mengutip tulisan/pendapat Syeikh Mahmoud Shaltout(Rektor Universitas Al Azhar Cairo, Mesir). Pendapat beliau ini adalah berkenaanapakah Isa a.s. sudah wafat atau masih hidup (naik ke langit). Karena panjangnyatulisan beliau maka saya hanya akan mengutip beberapa pokok tulisan beliau.Beliau mengutip ayat 115 – 117 dari surah Al Maidah, dan dalam ayat ini ada kata”tawaffaytani” yg maknanya adalah mewafatkan. Dan beliau dalam mengartikankata tawaffaytani ini juga merujuk kepada ayat 32:11, 4:97, 8:50. Kemudian SyeikhSyaltot menulis : “Oleh sebab itu adalah masuk akal, bahwa perkataan tawaffaytani yg disebut dalam di atas sehubungan dengan Nabi Isa a.s. (Yesus) dalam surah AlMaidah (115 & 116) akan bermakna kematian alami secara wajar yg orang-orangmemahami dan yang orang-orang berbahasa Arab mengerti dari teks dan kontekshubungan kedua-duanya. Maka jika kita ambil ayat ini menurut makna yg aselidan sesuai haruslah disimpulkan bahwa Nabi Isa (Yesus) wafat dan tak ada dalil ygmenguatkan anggapan bahwa beliau masih hidup dan kematian tidak terjadi padabeliau. Juga tidak beralasan untuk mengatakan bahwa perkataan mati, wafat,dalam ayat itu bermakna bahwa beliau akan wafat sesudah turun dari langit -menurut pendapat yg tersebar bahwa beliau hidup di langit dan akan turun

2
menjelang akhir dunia. Ini disebabkan ayat itu berbicara dalam istilah yg jelasmengenai hubungan beliau dengan kaum beliau sendiri, bukan kepada kaum lain yg akan ada menjelang hari kiamat dan bukan dengan mereka yg difahami sebagaiumat Muhammad saw serta bukan kaum Nabi Isa (di masa datang).” (Al Majallah,Kairo Mesir)Demikian pula dalam Tafsir Al Azhar Prof Hamka menulis : “Adapun UlamaIndonesia yg menganut faham seperti demikian dan menyatakan pula faham itudengan karangan ialah guru dan ayah hamba Dr. Syaikh Abdulkarim Amrullah didalam bukunya al Qaulush Shahih, pada tahun 1924. Beliau menyatakan fahambeliau bahwa Nabi Isa meninggal dunia menurut ajalnya dan diangkat derajatbeliau di sisi Allah, jadi bukan tubuhnya yg dibawa ke langit”.”Sayid Rasyid Ridha, sesudah menguraikan pendapat2 ahli tafsir tentang ayat ygditanyakan ini, mengambil kesimpulan;”Jumlah kata tidaklah ada nash yg shahih(tegas) di dalam Al Qur’an bahwa Nabi Isa telah diangkat dengan tubuh dan nyawake l;angit dan hidup di sana…”Demikianlah saya membuka serial ini dengan mempersembahkan fatwa dari ulama-ulama besar Al Azhar yg mana mereka mengatakan bahwa Nabi Isa a.s. (Yesus)telah wafat dengan wajar.
2. Penangkapan dan Pengadilan
Isa a.s. (yesus) yg sudah mengetahui akan rencana penangkapan akan diribeliau, menjelang penangkapan beliau bersama murid beliau pergi ke bukitGetsmani. Di sana beliau berdoa dengan penuh ratap sangat pilu memohonkeselamatan dari hukuman salib (kematian terkutuk).”Dan mulailah ia merasa sedih dan gentar. Lalu katanya kepada mereka,”Hatiku sangat sedih seperti mau mati rasanya…” Maka ia maju sedikit,lalu sujud, dan berdo’a, katanya, “Ya Bapaku, jikalau sekiranya mungkin,biarlah cawan (kematian) ini lalu dari padaku, tetapi janganlah seperti ygkuhendaki, melainkan seperti yg Engkau kehendaki”. (Injil Matius 26:37-39).”Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdo’a; peluhnya menjadiseperti titik-titik darah yg bertetesan ke tanah”. (Injil Lukas 22 : 44).
Isa a.s. berdo’a di bukit Getsmani
Nabi Isa a.s. menangis bukan karena takut melainkan menyesali apa ygdiperbuat oleh kaum Yahudi karena semata-mata kebencian dan purba sangkakepada beliau dan hendak membuktikan bahwa beliau adalah seorang pendustadengan kematian terkutuk di tiang salib.

3Nabi Isa a.s. ditangkap atas perintah Ulama Besar Yahudi
Kaum Yahudi yg dimotori oleh para Ulama Yahudi mengadukan Isa a.s. kepadaPilatus (Gubernur) agar ia menangkap dan mengadili Isa. Namun sebenarnyaPilatus enggan untuk menangkap Isa a.s. dan berkata : “Aku tidak mendapatikesalahan apa pun padanya” (Injil Yohanes 18 : 38).
Nabi Isa a.s. dalam persidangan Pilatus
Kecewa karena Pilatus membela Isa a,s, maka para Musuh Isa a.s. mengancamakan mengadukan sikap Pilatus kepada Kaisar. Mereka berkata : “Jika engkaumembebaskan dia, engkau bukanlah sahabat Kaisar…..” (Injil Yohanes 19:12)Pilatus sebenarnya merasa dan mengetahui bahwa Isa a.s. bukanlah seorangbiasa, terlebih-lebih istri Pilatus memperoleh mimpi bahwa Isa a.s. adalahorang yg benar sehingga ia berkata kepada suaminya : “Jangan engkaumencampuri perkara orang yg benar itu, sebab karena dia aku sangatmenderita dalam mimpi tadi malam”. (Matius 27 : 19).
“Aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri”,Kata Pilatus

5
Prosesi hukuman shalb (salib) itu adalah prosesi hukuman mati yg perlahan-lahan,dan biasanya memakan waktu sampai dengan tiga hari hingga ajalnya tiba. Terhukum akan dipaku ke dua tangannya di tiang salib, dikarenakan berattubuhnya maka si terhukum akan mengalami kesulitan nafas karena terhimpitparu-parunya hingga akhirnya hal ini akan mempercepat kematian. Oleh karena ituuntuk menambah penderitaan (memperlama proses kematian) maka pada telapakkaki diberikan sandaran papan di kakinya dipakukan kepada papan tsb (sehinggadengan kaki ini terhukum dapat berdiri menyangga tubuh). Terhukum akandibiarkan menderita haus dan rasa sakit bahkan gangguan dari mangsa hewan liar.Pamungkas dari proses kematian ini adalah dipatahkannya tulang-tulang kaki(shalb-salib/patahkan tulang mengeluarkan sumsum) yg akan mempercepatkematian. Inilah hukuman salib (pematahan tulang dan sumsum di pancang /tiang kayu). Jadi seseorang yg hanya mengalami pemakuan di tiang kayu namuntidak mengalami pematahan tulang dan pengeluaran sumsum maka tidak bisadikatakan telah di hukum salib.Inilah arti dan prosesi hukuman shalb (salib), dan pada artikel berikutnya (4) kitaakan melihat apakah Nabi Isa. a.s. mengalami hukuman shalb (salib) itu.
4. Misi Rahasia Menyelamatkan Isa a.s. (Yesus)
Pilatus secara rahasia menolong Isa dengan menetapkan hari hukuman salib pada Jum’at siang (jam 12 siang) (Matius 27 : 46), dan pada jam 3 sore (jam 15) Isaditurunkan dari Tiang Salib dengan kondisi tampak “Mati”. Seperti yg telah lazimbahwa hukuman salib adalah hukuman mati secara perlahan (umumnya 3 hari)dan belum pernah ada yg mengalami kematian dlm hitungan jam. Lalu mengapa Isaditurunkan padahal baru 3 jam (nampak tergesa-gesa)? Jawabannya karena dalam Taurat ada tertulis hukum :”Maka janganlah mayatnyadibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkandia pada hari itu juga, sebab seorang yg digantung terkutuk oleh Allah, janganlahengkau menajiskan tanah yg diberikan Tuhan Allahmu kepadamu menjadi milikpusakamu” (Ulangan 21:23).
Isa a.s. diturunkan dari salib dalam keadaan pingsan
Jadi dikarenakan menurut hitungan hari Yahudi bahwa Hari Raya Sabath telahmulai sejak hari Jum’at petang (jam 18), maka tidak boleh ada najis (mayat orangterkutuk) yg menodai kesucian hari Sabath. Oleh karena itu haruslah tidak bolehada orang yg terpantek di kayu salib. Maka dari itu hukum Yahudi sendiri ygmeminta Isa a.s. diturunkan secepatnya dari kayu salib.

6Menjelang senja memasuki hari Sabath, tidak boleh ada orang yg di salib
Pada saat Isa dihukum salib ada juga dua penjahat yg dihukum berserta beliau,namun tidak seperti Isa, mereka masih nampak segar atau hidup, sehingga bagimereka diperlakukan cara cepat untuk menghabisi nyawa mereka dan mereka dihukum salib (shalb) dengan mematahkan tulang-tulang kaki mereka (yg menyanggatubuh mereka). Sedangkan bagi Isa a.s. karena pada saat akan diturunkan kondisibeliau nampak terlihat mati maka beliau tidak dihukum salib (shalb – pematahantulang-tulang). Hal ini nampaknya merupakan perwujudan dari ramalan suci(nubuatan) : “Ia melindungi segala tulangnya, tidak satu pun yg patah”. (Mazmur 34: 21). Sedangkan bagi perajurit Romawi alasan mereka tidak mematahkan tulangbelulang Isa a.s. adalah karena Jasad Isa a.s. nampak seperti yg sudah mati :”Melihat bahwa ia telah mati, mereka tidak mematahkan kakinya” (Yohanes 19 :33).Perlu diperhatikan bahwa dasar yg menyatakan bahwa Isa mati itu adalah hanyaatas Melihat, tidak mendekati, apalagi menyentuh, sehingga bisa dipastikan lebih jauh apakah masih berdenyut nadinya alias mati sungguhan atau tidak? Karenahanya sekedar melihat itu tidak pasti dan inilah pangkal keragu-raguan OrangYahudi kelak bahwa mereka sendiri tidak yakin bahwa dalam waktu tiga jamtersebut dan tanpa hukum shalb mereka telah memutuskan ajal Isa (membunuhIsa). Hal ini berhubungan dengan ucapan Isa sebelum dihukum, “Kamu akanmelihat dan melihat, namun tidak merasa” (Matius 13:14).Ketika Yohanes berkata bahwa tentara itu melihat, bahwa maksudnya merekamenduga bahwa Isa telah wafat. Jadi inilah cara Allah untuk menolong Isa. Denganmenserupakan beliau nampak seperti yg telah wafat dan hanya membiarkantentara Romawi hanya melihat dan menduga-duga.Allah menyelamatkan Isa a.s. dalam kondisi pingsannya dengan menampakankepada Tentara Romawi dan Orang Yahudi bahwa mereka melihat Isa seperti dalamkondisi mati. Karena itulah tentara Romawi tidak mematahkan tulang sumsum Isaa.s.. Setelah tubuh Isa telah diturunkan dari tiang maka untuk memastikan Isatelah wafat maka seorang Tentara Romawi menggoreskan lembing nya ke sisi rusuktubuh Isa a.s. dan setelah melihat tidak adanya respon gerakan dari tubuh Isamaka ia yakin bahwa Isa telah wafat. Namun….sebenarnya tidak demikian.”Hanyalah seorang lasykar menikam rusuk Yesus dengan tombaknya, maka sekejapitu juga mengalir keluar darah dengan air” (Yahya 19 : 34). Adalah rahmat AllahSWT yg telah membuat tubuh manusia (Isa a.s.) pingsan karena menahan rasasakit dan letih. Seseorang yg berada dalam kondisi pingsan mengakibatkanperedaran darahnya menjadi lamban dan tidak lancar. Dengan adanya pelukaanakibat goresan ujung lembing membuat peredaran darah lancar kembali danmemancarlah darah keluar, perlu diperhatikan bahwa hal ini (darah mengalir)hanya dapat terjadi pada tubuh yg mana jantungnya masih berdenyut (masihhidup). Dan perlu diperhatikan kata “Sekejap Itu Juga” menandakan bahwa darahmemancar dengan cepat yg mana hal itu menunjukan bahwa sebenarnya Yesus/Isa

7
masih hidup manakala diturunkan dan hanya pingsan (yg disangka telah mati olehYahudi dan Orang Romawi). Dr. W.B. Primrose, seorang ahli anastesi RS. RoyalGlasgow dalam tulisan beliau dalam harian “Thinker Digest” mengatakan, “Bahwaair tersebut disebabkan oleh adanya gangguan syaraf pada pembuluh darah lokalakibat rangsangan yg berlebihan dari proses penyaliban”.Perlu dicari tahu bahwa selain karena rasa sakit apakah gerangan yg membuat Isa jatuh pingsan dlm waktu yg singkat itu?Adalah rahmat Allah SWT beliau menjadikan Isa pingsan karena menahan sakit,perih, dan lelah dari hukuman tiang salib, namun disaat yg sama dua orangpenjahat yg turut dihukum masih nampak siuman, lalu sebab apakah Isa dalam waktu kurang dari tiga jam sudah jatuh tak sadarkan diri? Jawaban yg logis bisa kita telusuri, pada Yohanes 19: 29-30 tertulis :”Di situ adasuatu benda penuh anggur asam (tertulis Vinegar-bukan wine). Maka merekamencucukan bunga karang yg telah dicelupkan dalam anggur asam pada sebatanghyssop (tanaman semak yg harum untuk obat) lalu mengunjukkannya ke mulutYesus. Sesudah Yesus meminum anggur asam berkatalah ia :”sudah selesai”, lalu iamenundukan kepalanya dan menyerahkan nyawanya”. Adakah Vinegar ini telahberpengaruh kepada Yesus?Vinegar memiliki efek stimulasi yg sementara sebagaimana obat amonia yg diciumdan bahkan dipakai untuk menstimulasi budak-budak pengayuh perahu kapal.Memberikan anggur yg dibumbui dengan Myrrh atau kemenyan kepada orang ygakan dihukum mati sebagai usaha untuk menghilangkan rasa sakit (efek narkotik)adalah sesuai dengan kebiasaan Yahudi, seperti yg tertulis : “Dia yg dieksekusidiberi sedikit kemenyan dicampur anggur dalam piala sehingga dia kehilangankesadaran” (Sahn 43 – Kitab Talmud).Pada saat menjelang penyaliban Serdadu Roma bukan saja membolehkanpemberian minuman narkotik ini bahkan salah satu dari mereka terbuktimembantu meminumkannya pada Yesus (Matius 27:48, Markus 15:36, Lukas23:36, Johanes 19:29). Vinegar yg disebutkan dlm Injil dalam bahasa Latin disebutAcetum/Acidus/Acere/Acida. Dalam budaya Persia dan Timur Tengah umumnyamengenal Minuman persembahan suci (Haoma Drink). Haoma Drink dibuat dari Juice tanaman Asclepias Acida. Efek minuman ini adalah membuat seseorangmenjadi
koma (mati suri)
. Varietas asclepias acida ini di Eropa disebut dengan”Swallowwort”. Untuk membuat ramuan Haoma Drink ini perlu keahlian agartakarannya tepat dan Orang-orang dari Golongan Yahudi Essene sangat mahirdalam bidang pengobatan/penyembuhan sangat mengenal ramuan minuman ini.Salah satu efek dari ramuan Swallowwort (Asclepias Acida) ini adalah Extremesweating and a dry mouth, dan ini sesuai dengan apa yg di alami oleh Isa, “Yesusmengatakan: “Saya haus” (Yohanes 19:28).
“Saya haus…..”

Jadi para murid rahasia Yesus (Isa) dari golongan Essenes bekerja sama denganPilatus telah memberikan Haoma Drink ini kepada Isa a.s. sebelum beliau di pakudi tiang salib dan ini merupakan rencana rahasia untuk menolong Isa. Dan akibatdari ramuan inilah beliau menjadi koma (mati suri) di tiang salib.Setelah kita mengetahui apa sebab Yesus (Isa) mengalami pingsan yg demikiancepat dalam kurun waktu tiga jam di tiang salib, kini saya ingin mengajak andakembali pada saat tubuh Isa masih berada di tiang salib.

Eloi..Eloi…, lama sabakh tani
”. – “
Tuhanku..Tuhanku, mengapa Engkau tinggalkan aku
”.Inilah ucapan Nabi Isa a.s. sebelum ia pingsan
Meski Injil menerangkan dengan berbeda-beda namun adalah suatu kepastianbahwa pada saat menjelang jam 15 (3 sore) terjadi gemuruh, guntur, gempa, sertalangit pun menjadi gelap. Hal ini adalah suatu mukjizat yg mana Allahmenampakan gejala alam ini untuk membuat ciut dan takut hati kaum Yahudi ygsaat itu berpesta pora disekitar (dekat) lokasi tiang-tiang salib, yg serta merta hatimereka menjadi takut akan kutuk Tuhan atas perbuatan mereka dan lariberhamburan menyelamatkan diri.Peristiwa ini adalah rencana Tuhan yg karenanya para murid “rahasia” Isa (ygbukan 12 orang itu-mereka semua melarikan diri karena takut) dapat mendekatitiang salib, menurunkan jasad beliau, dan mengurus beliau a.s. Adalah Nikodemusdan Yusuf Arimatea (murid Isa dari golongan Essenes) yg telah meminta jasadYesus kepada Pilatus. Nikodemus, Yusuf Arimatea, Maria Magdalena, dan murid-murid rahasia lainnya dari Essenes lah yg menolong dan mengurus jasad Isa a.s.setelah diturunkan dari tiang salib (Markus 15:47). Perlu diingat bahwa kondisi dansituasi saat itu sangat genting, karena jika orang Yahudi mengetahui bahwa Isamasih hidup maka mereka akan mencoba untuk membunuh untuk yg kedua kali
5. Kaum Yahudi Ragu dan Tidak Yakin
Orang – orang Yahudi mulai menaruh curiga. Mereka samasekali tidak yakin apakah mereka telah membunuhIsa….jangan-jangan…Isa masih hidup(?). Maka setelah hariSabath mereka datang kepada Pilatus, ” Keesokanharinya…..datanglah Imam-Imam kepala dan orang-orangFarisi bersama-sama menghadap Pilatus dan mereka berkata,”Tuan, kami ingat bahwa si penyesat sewaktu hidupnyaberkata,…Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itusampai hari yg ketiga; jikalau tidak…….penyesatan yg terakhirakan lebih buruk akibatnya daripada yg pertama”. (Matius27:62-64). Orang Yahudi memohon untuk menjaga kubur Isa -perlu difahami bahwa kubur Isa bukan seperi kubur yg kitakenal, melainkan berupa ruang kamar atau gua yg manaterdapat sirkulasi udara masuk.
Caliphas, Ulamabesar Yahudi

9
Kesalahan orang Yahudi adalah bahwa mereka tergesa-gesa menurunkan Isa daritiang salib (hanya 3 jam lamanya), lalu mereka tidak melakukan hukuman salib(shalb – pematahan tulang dan sumsum) pada Isa karena melihat (menduga,mengira-ngira) bahwa Isa mati, lalu mereka membiarkan jasad Isa diambil olehmurid-murid rahasia Isa tanpa pengawasan mereka, dan yg terakhir mereka telahsangat terlambat mendatangi Pilatus. Karena inilah akhirnya mereka sama sekaliberada dalam keraguan dan tidak yakin apakah mereka telah membunuh Isa,terlebih-lebih karena mereka lalai dari melakukan hukuman salib (salb) atas Isakarena terperdaya akan keadaan Isa yg diserupakan seolah telah “mati”. AllahuAkbar!!!!!…..Allah Maha Besar!!!!!!!…….”Dan karena ucapan mereka :”Sesungguhnya kami telah membunuh Isa putra Maryam Rasul Allah”, padahalmereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya, tetapi diserupakan bagimereka seperti yg mati di atas salib. Sesungguhnya orang-orang yg berselisihpaham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang ygdibunuh itu…..” (An Nisa 157), lagi sabda Allah , “Orang-orang kafir itu membuattipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baiknyapembalas tipu daya”. (Al Imran : 54).Di manakah Yudas sang Pengkhianat?……
6. Yudas sang Pengkhianat
Sebagian orang percaya bahwa telah terjadi pensamaran wajah antara Yesus (Isa)dan murid beliau yg berkhianat yaitu Yudas Iscariot. Hal ini sangat menarik sekaliuntuk diteliti bahwa apakah benar Allah telah merubah sedemikian rupa wajahYudas menjadi wajah Isa? Agak aneh bahwa bagi seorang Kristolog senior sepertiAhmed Deedat sama sekali tidak menyinggung peristiwa ini.Kita bisa melakukan penyelidikan dari beberapa sudut. Pertama dari keteranganInjil, ke dua dari Al Qur’an, dan ketiga dari sunatullah.
Yudas, dia yg menyerahkan Nabi Isa a.s. kepada TentaraYahudi
Memang benar bahwa Yudas telah berkhianat kepada Yesus dengan imbalan 30keping perak untuk memberitahukan dimana Yesus berada, namun perlu diingatbahwa sejak ditangkapnya Yesus maka Yesus selalu berada dalam (ditengah-tengah) kawalan tentara Romawi dan orang-orang Yahudi sejak penangkapan,pengadilan, hingga eksekusi. Sehingga jika ada switch face maka tentu akan adakegemparan dimana ditemukan dua Yesus. Lagi pula tidak ada keterangan dalaminjil atau riwayat dari kalangan Israil bahwa Yesus yg tertangkap itu berteriak-teriak “Aku Yudas !!!…Yudas !!! kalian keliru menangkap !”. Bahkan mengenaiYudas pasca penyaliban diriwayatkan bahwa ia sangat menyesal akanperbuatannya dan mati gantung diri…(Matius 27:5). Mengenai riwayat yg konon

15
Maria Magdalena tidak mengenali Yesus yg menyamar sebagai tukang kebun itu, “Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepadanya”(Yohanes 20:15).Mengapa Yesus harus menyamar? Karena beliau mengetahui jika orang Yahudimengetahui keberadaannya maka mereka akan menangkap kembali dan mencobamembunuhnya lagi. Bagi seseorang yg telah mati, untuk apa takut mati lagi? Iniadalah alasan sangat logis bahwa Yesus/Isa memang tidak terbunuh di tiang salib,dan belum wafat.Yesus sendiri mengatakan bahwa bagi seseorang hanya akan mengalami satukematian bukan dua, “dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati satu kalisaja, dan sesudah itu dihakimi” ( Ibrani 9:27).Maria masih tidak mengenali Yesus sampai Yesus menyebut namanya, barulah iamengenal (dari cara Yesus menyebut namanya) bahwa tukang kebun ini rupanyagurunya, gembira lah dia dan langsung ingin merangngkul gurunya. Namun Isa a.s.berkata, “Janganlah engkau memegang aku”. (Yohanes 20:17). Kenapa Maria tidakboleh menyentuhnya? Pertama karena tubuh beliau meski sudah pulih tentu masihmengalami nyeri, dan kedua beliau tidak ingin ada orang lain yg mencurigaipenyamarannya. Dan Yesus menjelaskan kepada Maria bahwa beliau bukanlahhantu atau ruh namun beliau masih manusia yg hidup, beliau berkata, “Sebab akubelum pergi kepada Bapa” (Yohanes 20:17). Maksud Yesus tak lain adalah Sayabelum wafat, saya belum ke alam baqa, atau saya masih hidup.Lalu Isa pergi dan ditengah perjalanan ia bertemu dengan dua orang muridnya ygsedang menuju Emmaus. Dihampirinya mereka oleh Isa dan mereka berjalanbersama-sama sambil bercakap-cakap. Selama perjalan ke dua murid Yesus initidak mengenali Yesus, sampai ketika mereka makan bersama dimana kedua muridIsa mengajak Isa untuk turut serta makan bersama. “Waktu ia duduk makandengan mereka, ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya,dan memberikan kepada mereka” (Lukas 24:30).Dari cara Isa mengucapkan berkat dan membagikan makanan barulah tersadar kedua murid Isa bahwa yg selama ini ada bersama mereka adalah guru mereka,namun manakala mereka menyadari hal ini Isa a.s. telah berlalu dan pergimeninggalkan mereka.
Nabi Isa a.s. membelah roti untuk muridnya
Kedua murid Isa menceritakan hal ini kepada murid-murid yg lain namun tentunyatidak seorang pun mempercayai ini, karena bagi mereka guru mereka telah wafat(perlu diingat bahwa murid-murid beliau tidak ada yg berada dekat beliau danmenyaksikan hukuman tiang salib yg beliau jalani). “Lalu kembalilah mereka danmemberitahukannya kepada teman-teman yg lain, tetapi kepada mereka punteman-teman itu tidak percaya”. (Markus 16:13)

16
Singkat cerita, Isa menemui murid-murid beliau, “Datanglah Yesus dan berdiriditengah-tengah mereka” ( Yohanes 20:19). Kaum Kristiani percaya bahwa Yesusmuncul secara tiba-tiba ditengah murid-murid (seperti awak film Star Trek), kenapamereka mempercayai hal ini? Karena umat Kristiani mempercayai bahwa Yesusbukan manusia dan bisa melakukan hal-hal yg ajaib. Padahal hal ini tidak benar,kata “datanglah” itu sendiri menunjukan bahwa Isa tidak muncul tiba-tiba,layaknya seperti ketika anda berkata ,”Ayah datang”. Apakah ayah anda muncultiba-tiba (seperti awak Star Trek)? Yg benar adalah anda melihat ayah anda datangberjalan menghampiri anda.Namun dikarenakan khabar yg mereka dengar selama ini adalah Isa telahmeninggal, maka mereka tetap menunjukan ekspresi wajah terkejut, dan takut.Oleh karena itu Isa berkata, “Kata Yesus kepada mereka,”Damai sejahtera bagikamu tetapi mereka terkejut dan takut” (Lukas 24: 36-37). Lihatlah rekasi ygberbeda antara Maria Magdalena dengan para murid Isa manakala melihatgurunya, kenapa? Maria Magdalena bergembira melihat gurunya itu karenamemang sedari awal ia mengetahui bahwa gurunya tidak wafat, dan dia setiamerawat sang guru. Sedangkan para murid Isa ini mendengar khabar bahwagurunya telah wafat karena mereka meninggalkan gurunya, bahkan sekarangmereka menyangka Isa sebagai hantu, “mereka terkejut dan takut dan menyangkabahwa mereka melihat hantu”(Lukas 24:37).Melihat para murid beliau nampak “pucat” karena takut, maka beliau punmenjelaskan bahwa beliau bukan hantu namun manusia yg terdiri dari darah,daging, dan tulang bahkan beliau menunjukan dan menyuruh murid beliau untukmenyentuh bagian-bagian tubuh beliau yg terdapat bekas luka. “Lalu Yesusbertanya kepada mereka itu : “Apakah sebabnya kamu terkejut? Dan apakahtimbul wasangka di dalam hati kamu?” Tengoklah tanganku dan kakiku, inilah akusendiri. Jamahlah aku, dan lihatlah, karena hantu tiada berdaging dan tulangseperti yg kamu lihat ada padaku”“Setelah ia berkata demikian, ditunjukannya kepada mereka itu tangannya dankakinya” (Lukas 24:38-40)“Lalu ia pun bersabda kepada Tomas : “Ulurkanlah jarimu, lihatlah tanganku, danulurkanlah tanganmu serta letakan di rusuk-ku, dan janganlah engkau syak,melainkan yakinlah” (Yahya 20:27)
Nabi Isa a.s. menjumpai murid-murid beliau
Demikianlah Nabi Suci Isa a.s. telah menemui para murid beliau dan menjelaskankepada mereka bahwa beliau hidup dan lolos dari kematian terkutuk di tiang salib.Allahu Akbar..!!!..Allah Maha Kuasa menolong hamba-Nya..!!!

17
Meski demikian kondisi beliau belumlah sepenuhnya aman, karena jika keberadaanbeliau diketahui oleh kaum Yahudi maka tentu mereka akan mencoba untukmembunuh beliau lagi. Lalu bagaimanakah kisah perjuangan suci beliau a.s. dalammelaksanakan misi kerasulan beliau selanjutnya?

32
Semoga pembaca dikarunia keterbukaan fikiran untuk melihat fakta – fakta sejarahini, bahwa Nabi Isa a.s. (Yesus) tidak pergi meninggalkan bumi melainkan pergimenuju negeri-negeri Timur untuk bertabligh kepada suku-suku Israil yg hilang.Dalam injil yg empat itu hanya Lukas dan Markus yg menceritakan kenaikan Isa kelangit, dan hal itupun saat ini kian diragukan keotentikannya oleh para sarjanaKristen. Banyak yg mengatakan bahwa perihal naik nya Yesus ke langit adalahtambahan yg dilakukan oleh Erestinc di kemudian hari.
Kandahar, Afghanistan. Di kota ini juga terdapat jejak 10 suku Bani Israil
Dalam buku Strans, Life of Jesus pada hal.750 tertulis : “..ini benar, Al Masih tidakmati di atas kayu salib, karena dia hanya tinggal sebentar saja diatas kayu salibitu. Darah yg keluar dari tubuhnya itu menunjukkan keraguan atas kematiannya”.Nabi Isa a.s. melakukan perjalanan tabligh beliau melintasi Media (Persia) lalumemasuki wilayah Afghanistan dimana beliau banyak menemui suku-suku Israil yghilang. Selepas Afghanistan beliau melanjutkan perjalanan beliau memasuki Taxila(Hindustan Utara-Pakistan) dan bertemu Raja Gondhapares sekitar tahun 60 M(Acta Thomae, Ante Nicene Christian Library , Vol XX, 46).
Taxila, terletak di bagian Utara Pakistan

33
Dari Taxila beliau menuju kota Murree, di kota inilah ibunda beliau Hz. Siti Maryam wafat dan dikuburkan. Orang-orang kota itu menyebut pusara Hz. Siti Maryamdengan nama Mai Mara da Asthan yg artinya tempat istirahat Ibuda Maryam.
Bukit Murree, Hazrat Maryam r.a. wafat dan dikuburkan di kota iniBatu nisan makam Hazrat Maryam r.a. di Kota Murree
Dari kota Murree Nabi Yesus a.s. (Isa) melanjutkan perjalanan menuju kota ygdikenal saat ini dengan nama Aish Muqam (Aish berasal dari kata Isa) yg terletak 70Km dari Srinagar. Selanjutnya beliau singgah di Srinagar Kashmir dan menetap disana hingga akhir hayat beliau.Sampainya Nabi Isa (Yesus) a.s. ke negeri Kashmir terdapat dalam buku “TheHeavenly high snow peak of Kashmir” yg dimuat dalam “Asia Magazine” pada bulanOktober 1930, ditulis bahwa Al Masih pasti pernah datang ke negeri ini, dan diatidak mati di atas kayu salib. Kemudian dengan tegas ditunjukkannya pulakuburan Al Masih”.Dalam kitab Ikmaluddin yg ditulis lebih dari 10 abad yg lalu oleh Sheikh Al Said usSadiq (wafat pada tahun 962 M di Khorasan) pada halaman 359 tertulis : “Nabi YusAsaf (Yesus) telah banyak mengunjungi berbagai-bagai negeri, hingga ia sampai dinegeri ini, yg namanya Kashmir. Ia tetap tinggal di sini, hingga ia wafat. Ia telahmeninggalkan tubuh kasarnya, dan ruh nya berangkat kepada Nur. Sebelum ia

34
wafat, ia telah memanggil seorang muridnya bernama yabid (Thomas), yg selalumengkhidmati dan mengikut padanya. Ia berwasiat kepadanya begini: “Saya hampirakan meninggalkan dunia ini, dan saya akan diangkat ke alam baqa. Jagalah apa-apa kewajibanmu, jangan tergelincir daripada hak, dan kerjakan ibadah. Ia suruhmuridnya itu membuat sebuah rumah-rumahan di atas kuburnya. Sesudahberkata itu, lalu ia berbaring, kepalanya ke arah Maghrib (barat) dan mukanya keMasyrik (timur), kemudian barulah nafasnya yg penghabisan dihembuskan”.
Rumah yg di dalamnya terdapatKuburan Nabi isa a.s.Kuburan Nabi Isa.a.s.Di Kashmir India
Bukti lain dari keberadaan Isa di negeri Hindustan adalah ada pada kitab kunoberbahasa sansekerta yg berjudul Bhavishya Maha Purana yg ditulis oleh Suttapada tahun 115 Masehi. Dalam Kitab ini diabadikan pertemuan antara RajaShalewahin dengan Nabi Isa di Wien (Srinagar Utara). Dikisahkan: “Di negeri itu ia(Shalewahin) menampakkan di Wien seorang raja saka, yg berkulit putih danmemakai baju putih. Dia (Shalewahin) bertanya siapakah ia. Jawabnya ialah bahwaia Yusashaphat (Yus Asaf), dan dilahirkan oleh seorang dara, dan ia berkata bahwaia mengatakan yg sebenarnya dan ia berkewajiban membersihkan agama. Raja itubertanya apakah agamanya. Ia menjawab : “Wahai Raja, kalau kebenaran telahlenyap dan tak ada pembatas di negeri Maleech, saya muncul di sana, dan karenapekerjaan saya maka yg bersalah dan jahat menderita, dan saya juga menderitakarena tangan mereka”. Raja itu bertanya lagi apa agamanya”. Ia menjawab, “Agamaku untuk menimbulkan cinta, kebenaran, dan kesucian dalam hati dankarena itu saya disebut
Isa Masih
”. Raja itu pergi setelah memberikanpenghormatan kepadanya….” (Hal.282, Parwa (Bab) III, Adhyaya II, Salok 9-31, dariterjemahan Inggris oleh Dr. Widyavaridi Shiv Nath Shastri).Menurut penduduk Kashmir, di Srinagar ada satu kuburan Nabi yg telah beributahun lamanya. Kata mereka Nabi itu namanya Yus Asaf, yang datang dari Barat,kira-kira 1900 tahun yg lalu. Kuburan ini terang-terang diakui orang banyaksebagai kuburan Nabi Sahib dan sebagian orang lagi mengatakan Kuburan IsaSahib (sahib artinya Tuan). Jadi jelas bahwa Nabi Yus Asaf ini tak lain adalah Yesus. Karena orang Kashmirmenyebut orang ini Nabi, sedang kata Nabi adalah berasal dari kata dalam bahasaArab dan Ibrani, jika Nabi ini orang Hindustan maka dia akan dipanggil denganAvatar bukan Nabi. Lalu dikatakan Nabi ini datang dari barat dan pada zaman ygsama dengan zaman Isa (Yesus), jadi kalau bukan Yesus siapa lagi? Karena antaraYesus dan Muhammad tidak ada nabi lain. Orang-orang srinagar pun menyebut

35
kuburan ini sebagai kuburan Isa Sahib. Lafaz Yus dan Yesu adalah hampir samabahkan tidak bisa dibedakan, sedang Asaf adalah nama beliau dalam injil ygartinya “pengumpul” atau “penghimpun”. Kemudian Yus Asaf meninggalkan kitab yg bernama Busyra (khabar suka), jelas sama dengan Kitab Injil yg artinya jugakhabar suka. Prof. Dr. Hassnain (Arkeolog dan ahli sejarah India) dan juga SirFrancis Younghusband mengatakan bahwa Nabi Yus Asaf ini mengajarkan dengantamsil-tamsil (perlambang-perlambang) yg seperti yg ada dalam Injil (Isa/Yesus).Demikianlah Nabi Yesus (Isa, Yus Asaf) a.s. menunaikan kewajiban beliau,menunaikan amanat risalah beliau a.s.. Diselamatkan oleh Allah SWT, dipanjangkan usia beliau a.s. (120 tahun), dan beliau berjalan jauh melintasi beragam negeridari barat ke timur untuk menghimpun domba-domba Israil yg hilang. Beliau wafatdalam kemenangan, diangkat oleh Allah derajat beliau, dibersihkan nama beliaudari tuduhan terkutuk orang Israil, dibersihkan nama beliau dari itikad musyrikumat Nasrani, dan dibersihkan nama beliau dari pemaham syirik sebagai manusia yg hidup di langit.“Dan Kami jadikan anak Maryam dan ibunya suatu tanda dan Kami berikanmereka perlindungan pada tanah yg tinggi dengan lembah-lembah hijau dansumber air yg mengalir” (Al Mukminun : 51). Di kawasan pegunungan dan lembahSrinagar Kasmir yg hijau, subur, dan banyak terdapat sumber-sumber air Allahtelah menempatkan Isa bersama ibunya dan melindungi mereka hingga akhirhayat, ditengah-tengah kaum yg menerima mereka. Allahu Akbar! Tiada Tuhanselain Allah. Yang Maha Kuasa lagi Maha Melindungi.
Lembah Kashmir yg dikelilingi gunung danBanyak sumber airBeautifull Srinagar Kashmir

38
Perlu difahami bahwa arti Qad Khalat tiada lain adalah wafat/mati. Silahkan jugabaca Tafsir Al Furqan oleh A. Hassan, Guru Persatuan Islam dalam tafsir Al Ahqaf 17. Sedang H. Zainudin Hamidi dkk mengartikan dalam terjemahan Qur’an-nyasebagai “yg telah lewat dengan tiada kembali lagi”.Ayat Ali Imran 144 inilah yg dibacakan oleh Hz. Abu Bakar r.a. pada saat wafatnyaRasulullah saw untuk meyakinkan Umar bahwa sebagaimana rasul-rasul yg dahulupun telah wafat maka hal demikian juga yg terjadi pada diri Rasulullah saw. Tentunya jika Nabi Isa a.s. masih hidup seperti yg diyakini umat Islam kebanyakansaat ini, tentunya akan ada perdebatan sengit antara Umar .r.a. dan para sahabat yg sedang berduka dengan Hz. Abu Bakar r.a. Tetapi kenyataannya Hz. Umar tidakmembantah.
16. Injil mengenai wafatnya Yesusa. Matius 23:39
“Yesus bersabda : “Karena aku berkata kepadamu, bahwa daripada masa ini tiadalagi kamu melihat aku, sehingga kamu berkata : Mubaraklah ia yang akan datangdengan nama Tuhan”.Dari ayat injil di atas jelaslah bahwa dunia tidak akan melihat Isa ibn Maryam(Yesus) lagi, dan Yesus tidak memberi khabar akan kedatangan ke dua kali kedunia. Artinya beliau akan wafat dan ruh nya pergi menuju Bapa (Allah) dan tiadakembali lagi.Dalam ayat Matius 23:39 di atas terdapat nubuatan mengenai kedatangan seorangnabi setelah wafatnya Isa/Yesus, yg mana ciri dari nabi itu adalah datang
dengannama Tuhan
. Mari kita hubungkan Matius 23:39 ini dengan Kitab ulangan 18: 17-22, yg antara lain disebutkan : “Segala firman-Ku yg akan dikatakan olehnya
dengan nama-Ku
”.Siapakah Nabi yg akan datang setelah Isa wafat ini? Yg dalam kedatangannya danfirman-firmannya disebut dengan nama Tuhan? Dialah Muhammad saw, yg manadi dalam kitab yg diturunkan kepadanya selalu diawali : “
Dengan nama Allah
ygMaha Pemurah dan Maha Pengasih” dalam setiap surah-surahnya.Namun tahukah anda bagaimana umat Kristiani menolak Muhammad saw? Karenamereka bertanya kepada kaum muslim: “Apakah Isa telah wafat?”.Umat Islam menjawab : “Tidak, beliau masih hidup”.Umat Kristiani menjawab lagi : “Kalau begitu Muhammad adalah Nabi Palsu”.“Kenapa? Apa dasarnya?” Tanya kaum Muslim.Umat Nasrani menjawab : “Karena dalam Matius 23:39 dikatakan bahwa syaratNabi itu datang adalah manakala Isa telah wafat, jadi kami tidak salah. Apalagisetelah kami konfirmasikan kepada umat Islam mereka sendiri juga mengakuibahwa Isa belum wafat, sama dan sependirian dengan kami yg percaya juga Isabelum wafat. Jadi belum saatnya Nabi itu datang”. Jadi untuk mematahkan salib ini adalah tiada lain selain mengimani danmembuktikan bahwa Isa (Yesus) telah wafat secara wajar.
b. Kitab Kejadian 6:3
“Firman Tuhan : “ Bahwa roh ku tiada akan berbantah-bantah selama-lamanyadengan manusia, karena hawa nafsu jua adanya, melainkan tinggal lagi panjangumurnya 120 tahun”.

39
Dlm Kitab Hadis Kanzul Umal Jld XI hal 479. Fatimah r.a. menerangkan Rasulullahsaw bersabda :”Sesungguhnya Isa ibnu Maryam usianya 120 tahun”. Jadi beliau tidak wafat dalam usia 33 tahun, tidak juga dalam usia 2000 tahunlebih, melainkan beliau wafat pada usia 120 tahun.Dr. Bob Holt M.D. seorang sarjana Kristen juga mengatakan
: “The proof that Jesus Christ, the “Messiah” of Western Civilization for 2000 years, survived crucifixion and lived out His later life in India, in the small Himalaya country of Kashmir.”

17. Penutup dan ucapan terima kasih
Maha suci Allah SWT sebagai mana Firman-Nya : “Wahai Isa, Aku akanmembebaskan engkau dari tuduhan-tuduhan itu dan Aku akan membuktikankesucian engkau. Dan Aku akan menjauhkan celaan-celaan yg dilontarkan orangYahudi serta Nasrani terhadap engkau” (Al Imran 56). Inilah janji Allah yang akanmembersihkan figur suci beliau dari hal-hal musyrik seperti trinitas, anak Tuhan,hidup di langit abadi dengan jasmaniyahnya, dll. Bahwa selama anggapan ini adamaka tidak saja sosok suci Nabi Isa a.s. yang terkotori, namun lebih dari itu ke Tauhidan Allah lah yang menjadi taruhannya. Tentu sebagai umat Islam yangmengakui ke-esa an Allah tidak akan rela menerima hal ini.Semoga Allah yg Maha memiliki hati setiap manusia membukakan hati dan pikiransaudara yg dengan karunia tersebut saudara dapat melihat bagaimanakah riwayatserta perjuangan suci Nabi Isa (Yesus) a.s..Bahwa Nabi Isa a.s. tidaklah mati terkutuk di tiang salib seperti keinginan umatYahudi. Bahwa Nabi Yesus a.s. juga tidak harus wafat di tiang salib untukpenebusan dosa, dan kemudian hidup kembali. Bahwa Yesus (Isa) a.s. juga tidaknaik ke langit, lalu menghilang, dan hidup abadi selama 2000 tahun lebih.Siapapun yg mengimani hal ini entah disadari atau tidak telah meletakkan jubahsyirik tidak hanya kepada sosok Nabi Suci Isa a.s. namun juga kepada dirinyasendiri.Dalam tulisan yg sederhana ini telah kami sampaikan suatu riwayat kehidupanNabi Isa a.s. dan membukakan tabir misteri akan perjalanan hidup beliau a.s.berdasarkan Kitab Al Qur’an, Injil, Al hadis, Kitab-kitab sejarah, sertab fakta-faktasejarah. Terakhir saya ingin mengucapkan terima kasih Jazakumullah ahsanal Jaza kepadapembaca yg budiman serta Teriring do’a tulus untuk anda, semoga Allah ygmemiliki kebenaran menunjukan kebenaran-Nya kepada anda dan membuka hatiserta menuntun anda kepada kebenaran-Nya, amin Allohumma amin.WassalamYg lemah,
Abu Jihan
For My Beloved Daughter Jihan Khairina Syahirah
Sumber Pustaka :
1.

Masih Hindustan Mein,2.

Buletin Kristologi, oleh Ali Mukhayat 3.

The Coice, oleh Ahmed Deedat 4.

http://www.alislam.org 5.

http://www.tombofjesus.com 6.

Majalah bulanan Nur Islam.

40
7.

Officieel Verslag, sinar Islam Jakarta

About tmuslimsolusi

Hamba Tuhan

Posted on February 11, 2012, in Kumpulan Diskusi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: